C++, Pemrograman, Tutorial
Nov9

Bahasa Pemrograman C++ : Tutorial 1 – Membuat Program Sederhana

Bahasa Pemrograman C++ : Tutorial 1 – Membuat Program Sederhana. Ini adalah tutorial pertama mengenai bahasa pemrograman C++. Dalam tutorial kali ini kita akan langsung mencoba membuat sebuah program sederhana menggunakan editor Dev C++.

Jika belum punya software-nya, langsung saja ke sini dan download file-nya secara gratisss.

Jika belum tahu cara meng-install-nya langsung ke sini.

Lanjut,

  1. Buka Dev C++. 
  2. Klik File > New > Source File. Atau langsung tekan CTRL+N.
  3. Ketikkan kode seperti gambar di sampingc2
  4. Jika sudah, tekan F9 untuk melakukan compile + run.
  5. Akan muncul dialog untuk menyimpan program buatan Anda. Beri nama sesuka Anda. Misal hello.cpp
  6. Setelah diklik Save, akan mucul jendela yang tampilannya seperti command promt.c10
  7. Selamat….:D Anda telah berhasil membuat program sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++.

Pasti Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa yang anda tulis tadi? Dan mengapa bisa muncul tulisan seperti itu?

Berikut adalah penjelasannya :

  1. c3     Di baris pertama kita mengetikkan tulisan tersebut. Artinya baris preprosesor yang melampirkan file header ketika program dicompile. Berkas header sebagian besar disusun dari deklarasi fungsi, variabel. Untuk memudahkan biasanya saya menyebutnya dengan istilah Library. Tidak hanya iostream, masih banyak lagi library-library yang bisa digunakan dan fungsinya pun berbeda-beda.
  2. c4     Di baris berikutnya, kita memberitahukan pada compiler bahwa program yang sedang ditulis menggunakan standar C++ library. Namun biasanya saya mengabaikannya, alias tidak menulisnya di program saya.
  3. c5     Merupakan suatu fungsi. Tanda { } menunjukkan mulai dan berakhirnya fungsi main() atau sering disebut dengan blok kode. Isi dari blok kode bisa berupa deklarasi variabel atau perintah-perintah tertentu. Jadi ketika fungsi main() dipanggil maka isi yang ada pada blok kode dieksekusi.
  4. c6     Dalam baris ini cout<< adalah tempat untuk menampilkan kalimat Hello World…!!! Tidak hanya cout, ada juga cara lain untuk menampilkan tulisan di C++ tergantung library yang digunakan.
  5. c7     Ini adalah baris yang menampilkan tulisan Press any key to continue . . . Fungsinya adalah untuk memberikan instruksi untuk menghentikan proses eksekusi sampai user menekan sembarang tombol. Jika tidak penasaran, coba hilangkan baris tersebut. Maka………….
  6. c8     Memerintahkan fungsi main() kembali ke 0. Satu kali eksekusi.

 

Okay…itu tadi adalah tutorial pertama untuk membuat sebuah program sederhana menggunakan Dev C++. Nantikan tutorial berikutnya. See u soon 😀

Incoming search terms:

  • SHARE!

Author: 

Mulai mendirikan blog ini dari November 2013. Saat ini sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan Programming dan Internet Marketing.

author

Related Posts