Tips dan Trik, Tutorial
Apr11

Cara Membedakan Quick Format dengan Format Biasa

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, Format Disk adalah cara untuk menghapus semua data yang ada pada harddisk atau flashdisk. Tapi tahukah anda? di dalam komputer ada dua macam format yang dapat kita gunakan, Format biasa dan Quick format. Apa saja perbedaan antara dua macam format ini dan efek apa yang dihasilkan dari masing-masing? Mari kita bahas bersama.

Kebanyakan dari kita mungkin sering menggunakan Quick format, karena alasan waktu yang relative lebih singkat daripada format biasa. Meski penggunan Format biasa memakan waktu yang lebih lama, tetapi Format biasa dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada flashdisk atau harddisk.

quickformat

Berikut ini Perbedaan Quick format dengan Format biasa.

Quick Format

Dalam penggunaan Quick format, kita sedikit mendapat keuntungan yaitu prosesnya lebih cepat. Ini dikarenakan Flashdisk atau Harddisk yang di Quick format hanya menghapus file nya saja, tanpa ada pemeriksaan disk lebih lanjut.

Ketika kita melakukan Quick format pada harddisk atau flashdisk ini bisa berimbas pada mengurangnya kapasitas memori yang ada pada flashdisk atau harddisk, dan bisa juga mengalami file corrupt saat kita memindahkan file pada disk tersebut.

Format Biasa

Dalam penggunaan Format Biasa, kita memang sedikit mengalami kerugian karena waktu yang diperlukan untuk memproses agak lama. Ini dikarenakan setelah flashdisk atau harddisk dihapus semua file nya terjadi proses lanjutan yaitu ada pemeriksaan lebih lanjut pada disk. Pemeriksaan tersebut antara lain pemeriksaan bad sector pada harddisk atau flashdisk kita, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

Ketika kita memilih untuk menggunakan format biasa, flashdisk atau harddisk kita akan seperti baru lagi, karena semua pengaturan dikembalikan ke pengaturan awal. Flashdisk atau harddisk kita seperti dibangun ulang.

Jadi, itu tadi Perbedaan antara Quick format dengan Format biasa. Jika memang kita punya banyak waktu, akan lebih baik bagi kita jika menggunakan Format Biasa. Karena format ini lebih efektif ketimbang menggunakan Quick format. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat. Nantikan tutorial berikutnya 😀

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Mulai mendirikan blog ini dari November 2013. Saat ini sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan Programming dan Internet Marketing.

author

Related Posts