Artikel, Multimedia, Tutorial
Mar8

Cara Mengambil Gambar Yang Baik dengan Kamera Pocket Atau Ponsel

Dalam dunia fotografi di era modern saat ini, fotografer telah banyak menggunakan kamera yang lebih canggih seperti DSLR. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang tidak mempunyai atau belum memiliki kamera yang professional, bukan berarti kita tidak bisa mengabadikan gambar yang berkualitas. Dengan berbekal kamera pocket atau kamera ponsel pun kita juga bisa mencetak gambar yang memuaskan.

Akan tetapi dibutuhkan teknik dan tips tertentu untuk mengambil objek dengan menggunakan kamera sederhana tersebut. Berikut ini Cara mengambil gambar yang baik dengan kamera pocket atau ponsel.

Pahami fitur di dalam kamera

Di dalam kamera pocket atau kamera ponsel, pahami cara kerja dan semua fiturnya dengan lebih banyak bereksperimen. Gunakan fitur seperti resolusi kamera, digital dan optical zoom, shooting mode, macro mode dan shutter speed pada kamera pocket. Untuk kamera ponsel seperti fokus makro, lampu flash,  white balance, continuous shot dan efek gambar sampai anda cukup mahir.

Perhatikan pencahayaan

Waktu pemotretan sangat penting untuk diperhatikan karena keterbatasan kamera pocket atau ponsel dalam mengatur kontras tinggi. Waktu pemotretan yang paling baik adalah pada saat  pagi dan sore hari. Jangan lupa memperhatikan arah datangnya cahaya dan atur komposisi agar cahaya yang ditangkap kamera berimbang pada tiap sudutnya.

Memotret sebanyak mungkin

Ambilah gambar sebanyak mungkin dengan lebih banyak bereksperimen. Dengan variasi sudut pemotretan, setting maupun komposisi gambar. Setiap gambar yang kita ambil pastilah memiliki tampilan yang berbeda-beda. Dengan banyaknya gambar yang kita ambil, kita bisa menyortir sendiri gambar mana yang layak di simpan dan gambar mana yang harus dihapus.

Mengantisipasi shutter lag

Bagi yang sering menggunakan kamera pocket mungkin sering mengalami kejadian seperti ini. Biasanya pengambilan gambar menggunakan kamera pocket sering tidak real time karena ada jeda antara pengambilan gambar dengan gambar yang terekam. Cara mengantisipasinya adalah dengan memencet tombol shutter beberapa detik lebih awal sebelum merekam momen yang kita inginkan.

Manfaatkan aplikasi fotografi

Jika kita menggunakan kamera ponsel smartphone, kita bisa memaksimalkan penggunaan fasilitas editing dalam aplikasi untuk memperbaiki foto. Kita bisa mengatur gelap terangnya gambar, dan memanfaatkan fitur crop untuk memotong bagian gambar yang tidak di inginkan. Tambahkan juga efek seperti sephia, black and white dan vintage agar foto semakin menarik.

Dengan kamera yang minimal pun kita juga bisa menghasilkan foto yang juga menarik. Itu tadi Cara mengambil gambar yang baik dengan kamera pocket atau ponsel. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Mulai mendirikan blog ini dari November 2013. Saat ini sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan Programming dan Internet Marketing.

author

Related Posts