Artikel
Dec31

Happy New Year 2016

Happy New Year 2016 🙂

Selamat Tahun Baru 2016 dan Selamat tinggal tahun 2015.

Bagi saya sendiri, tahun 2015 ini sungguh terasa sangat cepat. Orang bilang jika waktu terasa cepat berarti kita merasa bahagia atau gembira saat menjalaninya. Ya. Memang saya merasa sangat senang menjalaninya. Beberapa project yang nilainya lumayan berhasil saya dapatkan di tahun 2015 ini. Alhamdulillah 🙂

Jadi di tahun 2015 ini saya memang tidak sempat untuk banyak update artikel di blog ini karena banyak kerjaan menumpuk. Hanya 1 artikel di bulan mei -_-. Tapi tak apa, ini adalah artikel kedua di tahun 2015 :P. Berikut kaleidoskop versi saya sendiri.

Januari 2015

Pada bulan januari, pekerjaan lama saya yang tergabung di mitra kediri dihentikan. Jadi awal tahun saya sudah menganggur. Tidak ada pemasukan dari luar sama sekali. Saya memutuskan untuk belajar programming lebih dalam lagi. Saya belajar php menggunakan template/framework dari salah satu member PHP KEDIRI. Belum lama belajar sejak 2014. Dan saat sore menjelang tiba-tiba ada teman Internet Marketer datang sebut saja si A. Dia tanya apakah saya punya kenalan anak programmer area kediri. Saat itu saya mengcungkan diri walaupun ilmu masih cetek. Sore itu saya intepretasikan keinginannya ke sebuah mindmap. Saat itu juga deal. Beberapa hari selanjutnya saya menemui teman programmer saya dan menanyakan konsep saya kurang bagaimana dan mengenai harga bagaimana sebut saja si B. Hari berikutnya saya bertemu lagi dengan si A membicarakan harga. Saya yang masih awam dalam hal negosiasi akhirnya menyerah dengan harga yang menurut saya sendiri jauh dibawah standar dengan requirement yang begitu banyak. Saya pikir tak apalah ini juga teman sendiri. Dalam project ini juga belum ada surat perjanjian. Malam itu saya langsung di transfer sejumlah DP yang sudah disepakati. Alhamdulillah project pertama jalan. Beberapa hari saya mengerjakan dan tampaknya klien saya kali ini tidak puas dengan apa yang saya kerjakan. Entah dari segi mana. Saya sudah mengerjakan sesuai dengan requirement yang dia minta. Untuk demo pertama sudah saya berikan dan hasilnya sampai sekarang project ini pun terhenti. Dari sini saya banyak sekali belajar pengalaman baru.

Dalam hal pertemanan kita harus bersikap bermurah hati. Tapi jika sudah menginjak pekerjaan kita sebaiknya membedakannya. Jangan sampai ada pihak-pihak yang merasa terberatkan. Kalau ada yang tidak sesuai segera bicarakan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Februari 2015

Saya mencoba untuk move on dari project pertama itu. Saya sudah mengira project ini tidak akan dilanjutkan. Saya kembali belajar mengenai web developer. Pada pertengahan bulan ini saya mendapat tawaran menarik dari sebuah perusahaan developer untuk menjadi sayah satu timnya. Tanpa pikir panjang saya langsung menerimanya. Lumayanlah untuk pemasukan rutin. Di dalam perusahaan itu sudah ada 2 teman saya yang dulu pernah kerja sekantor dengan saya di Mitra Kediri tahun lalu. Setelah diwawancara singkat dan ditanya soal gaji akhirnya saya resmi kerja di sana. Klien yang harus saya tangani adalah Optik besar di Jawa Timur yang cabangnya mencapai 8. Pusatnya ada di kota Blitar. Tiap bulan saya harus ke Blitar untuk meeting. Hari pertama masuk kerja tepatnya tanggal 17 saya maih dijelaskan mengenai dasar-dasarnya. Apa yang harus dilakukan dan mana yang harus diedit. Karena project saya ini menerapkan Sistem Informasi Akuntansi yang sudah selesai dibuat pada optik tersebut. Disitu juga banyak penyesuaian yang harus dibenahi. Saat pulang di hari pertama kerja ini saya mengalami kecelakaan yang cukup parah hingga saya harus bolak balik rumah sakit untuk beberapa bulan kedepan. Malam harinya saya memutuskan untuk resign karena kontrak kerja saya cuma 3 bulan sedangkan keadaan saya masih tidak memungkinkan bekerja dalam waktu yang cukup lama. Keesokan harinya salah satu teman kantor saya datang menjenguk, saat itu saya sedang di rumah sakit. Dia menyampaikan, kalau saya ingin kembali lagi bekerja di perusahaan tersebut saya masih diperkenankan. Alhamdulillah 🙂

Maret 2015

Pada bulan ini saya kembali bekerja. Tapi sangat disayangkan bos saya mengalami sakit hingga harus rawat inap. Bulan ini juga saya harus meeting dengan klien di Blitar. Saat itu saya ditemani oleh rekan kantor saya. Saya mulai kerja tanpa didampingi oleh bos saya. Beliau terkena gagal ginjal. Jadi beberapa bulan dirawat di jogja. Pada bulan ini saya hanya berangkat kerja pagi dan pada hari tertentu saya masuk kuliah. Saya menyukai pekerjaan saya kali ini.

April 2015

April kali ini saya hiasi sebagai pekerja teladan. Berngkat pagi dan pulang sesuai jam kantor. Pekerjaan saya pun sedikit tidak karuan karena tidak ada yang mengkoreksi karena bos saya masih dirawat di jogja. Beberapa hari berselang. Akhirnya tiba saatnya untuk KKN. Saya mendapat kompensasi untuk tidak bekerja sama sekali selama KKN. Artinya saya juga tidak harus meeting dengan klien di blitar. KKN ini adalah saat-saat yang menyenagkan juga menegangkan. Saat semua rekan kkn yang beranggotakan 26 orang berdebat tentang siapa yang bersedia menjadi ketua, saya mengajukan diri sebagai sekretaris agar tidak ditunjuk lagi menjadi ketua :P. Sayang sekali kelompok kami yang pada awalnya kompak harus terpecah karena beberapa anggota yang tidak sependapat. KKN pun berlalu dan saya harus kembali ke rutinitas pekerjaan.

Mei 2015

Bulan mei tiba. Pada bulan ini saya ngepos sesuatu lhooo…cek disini. Oke kembali ke pekerjaan. Pada bulan ini saya tidak bisa mengelak lagi untuk meeting ke kota Blitar. Sebenarnya saya sedikit takut datang ke sana karena banyak hal yang belum pas menurut klien. Saat pertama kali datang bulan lalu saya ditemani, tapi pada bulan ini saya berangkat sendiri. Bingung apa yang harus saya lakukan di sana. 2 hari berturut-turut bertolak di kota blitar. 2 hari itu juga saya ngoding di sana didampingi klien. Mungkin bagi Anda pembaca hal ini terasa biasa saja. Namun bagi saya, ini seperti Anda Ujian Nasional duduk di bangku paling depan dan tepat disebelah Anda ada pengawas ruangan yang siap menulis nama Anda di buku beriata acara kapan pun saat Anda menoleh. Gugupnya sama. Setelah dari blitar, beberapa hari saya terus-menerus mengerjakan permintaan klien kemarin.

Juni 2015

Sampailah pada bulan juni. Pada bulan-bulan ini adalah krusial bagi saya. Sebelumnya cuma mendevelop 1 aplikasi di blitar, tapi karena beberapa hal saya juga mengerjakan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang masih ada bug. Belum lagi permintaan klien yang menurut saya bukan lagi bagian saya untuk mengerjakan. Tapi bagaimana lagi, saya sudah dianggap sebagai wakil kantor saya untuk di blitar. Pada bulan ini juga kesempatan untuk mendapatkan klien sendiri muncul. Lagi-lagi teman sendiri. Awal pertemuan konsepnya sederhana. Saya memutuskan untuk mengajak teman kantor saya dalam project kali ini. Kami berdua membuat proposal mengenai konsep aplikasi yang kami ajukan sebagai pertimbangan karena pemiliknya belum punya gambaran yang jelas tentang aplikasi yang diinginkan. Ini adalah saat yang paling sulit tentang berapa harga yang kami patok untuk pembuatan aplikasi ini. Jika terlalu murah maka akan terjadi hal-hal seperti bulan januari kemarin. Jika terlalu mahal kami juga takut kalau klien akan kabur. Karena sudah ada beberapa proposal yang masuk jadi kami bersaing dengan kompetitor kami. Kalau seminggu kemudian kami dipanggil untuk presentasi. Setelah kami menjelaskan konsepan yang kami buat, akhirnya project ini pun deal. Karena tidak ingin hal sebelumnya terulang lagi, kami membuat surat perjanjian agar project kali ini tidak memberatkan salah satu pihak.

Juli 2015

Entah di bulan juli ini atau bulan juni saya dianugrahi sebuah tanggung jawab baru. Klien saya bertambah. Yap saya mendapat klien universitas. Saya harus membuat website untuk universitas tersebut. Saya kira ini adalah pekerjaan yang agak ringan karena stok theme wordpress saya lumayan banyak dan itu semua original. Tapi kendala mulai datang. Permintaan klien mengenai menu websitenya terbilang agak kurang sopan :v :P. Bayangkan saja jumlah menu utamanya ada 7. Di menu yang pertama ada submenu jumlahnya sekitar 8. Didalam submenu tadi jua ada subsubmenu. Terus seperti itu sampai saya bingung untuk memilih theme mana yang bisa menampung menu sebanyak itu. Karena kebanyakan theme worpress menediakan css menu sampai level 3. Akhirnya websitenya pun hanya teronggok. Dikerjakan lagi jika waktu senggang. Pikiran pun mulai terbelah. Tanggung jawab kantor mulai tersisipi oleh project dari luar yang tenggat waktunya kurang 1 bulan lagi. Akhirnya tiada hari tanpa lembur. Pagi samapai sore kami gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, malamnya kami mengerjakan project luar.

Agustus 2015

Per 1 agustus tanggung jawab saya di kantor berganti, saya tidak lagi mendevelop optik yang berpusat di blitar. Saya mendapat bagian untuk mengerjakan website custom sebuah dealer. Tapi saya tetap rajin ke blitar menjadi wakil dari kantor hanya saja tidak ikut develop aplikasi. Meeting pun sering dilakukan di dealer tersebut. Bulan ini juga penuh tekanan. Klien saya sendiri juga waktunya deadline. pertengahan bulan ini harusnya sudah siap untuk demo program dan revisi. Tapi karena konsepnya sendiri berubah-ubah, kami pun menyelsaikannya dengan kekurangan minor yang cukup banyak. Dan kami juga terselamatkan karena klien kami sedang berada di luar pulau 2 minggu. Jadi kami masih punya waktu 2 minggu untuk menyempurnakan.

September 2015

September saya sering bolak balik ke klien saya sendiri untuk demo program dan revisi. Hari-hari sibuk terus kami jalani untuk memperbaiki program. Ini sudah terlewat dari batas perjanjian kemarin. Tak apa. Kami sudah terlanjur terjun ke klien ini. Pekerjaan kantor juga masih berjalan sesuai permintaan pemilik dealer. Akhir bulan ini saya sendiri mulai memikirkan untuk resign dari kantor. Karena sudah agak lama saya bekerja di kantor ini namun tidak ada juga kabar kenaikan gaji 😛 :v. Bukan apa-apa. Karena tanggung jawab bertambah, saya masih sering bolak balik blitar walau sebulan cuma 2 kali, dan lagi lokasi rumah dan kantor yang jauh. Gaji pun hanya mampir untuk mengisi bensin dan pulsa selama sebulan. Itu pun kadang dalam sebulan gaji saya sebagai programmer di kantor tidak cukup. Miris memang. Tapi apa yang bisa dilakukan. Melihat keadaan bos saya sendiri, beliau baru saja pulih dari sakitnya, itu juga seminggu dua kali harus melakukan cuci darah. Akhirnya saya memilih untuk bertahan di kantor.

Oktober 2015

Sampai bulan ini project luar belum juga terselesaikan. Apa boleh buat. Kami harus tetap mengerjakannya. Pikiran untuk resign pun kembali menyeruak. Setelah dapat kabar dari kakak kalau ada lowongan tenaga IT di sebuah bank yang gajinya lumayan, saya pun memikirkan matang-matang. Saya konsultasi dengan orang tua dan akhirnya diperbolehkan untuk resign. Pertengahan bulan ini, saya resign dari kantor. Karena masih ada tanggunagan di dealer. Jadi saya dipersilahkan resign minggu depannya lagi. Saya menjalani hari-hari terkahir di kantor dengan suka cita. Dengan harapan dapat memberikan kesan yang baik. Kabar kurang sedap datang dari kakak saya. Alasan saya resign dari kantor untuk bekerja di bank pudar begitu saja. Lowongan tersebut baru tersedia tahun depan. Akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan project sendiri sampai tuntas dan mengembangkannya untuk beberapa instansi lainnya. Sebenarnya saya sempat ditawari menjadi freelancer untuk kantor saya. Saya mengiyakannya. Namun sampai saat ini saya masih merasa berat untuk mengerjakannya. Saya belajar banyak dari sebuah perusahaan.

Ketika pekerjaan semakin banyak dan gaji tidak sebanding dengan apa yang dikerjakan, saat itulah waktu yang tepat untuk RESIGN

November 2015

Pada bulan ini saya resmi menjadi freelance programmer. Saya hanya mengerjakan progect saya sebelumnya. Itupun masih banyak yang kurang. Disela-sela hari bebas ini, saya menympatkan untuk menghadiri wisuda teman-teman saya. Tanpa rekayasa, ada rejeki yang menghampiri. Teman saya sebut saja si C, tiba-tiba bertanya kepada saya tentang berapa harga jasa pembuatan website. Saya mengira bahwa itu untuk skripsinya. Ternyata dia ingin membuat sebuah website untuk bisnisnya. Akhirnya saya terima tawaran tersebut. Langsung dikasih DP ditempat. Saya tidak membuatkan surat perjanjian karena ini hanya desain web menggunakan wordpress yang notabene tidak serumit develop aplikasi. Alhamdulillah 🙂

Desember 2015

Bulan desember project hampir 95% selesai. Dan alhamdulillah pada pertengahan bulan ini cair. Fokus pada bulan ini hanya fixing bug yang ada di program dan mengerjakan website. Menjelang akhir bulan akhirnya dapat kesempatan untuk tampil sebagai band pengisi acara di sebuah acara prodi di kampus. Akhirnya setelah penantian panjang bisa berdiri lagi di atas panggung. Dan ternyata pada malam tahun baru nanti diberi kesempatan lagi sebagai band pengisi di kampus 🙂

 

Memang pada tahun ini saya mendapat pengalaman banyak sekali. Ini adalah tahun pertama saya menjalani sebagai programmer di sebuah perusahaan. Saya yakin bahwa saya dapat berkembang lagi di dunia programming ini.

 

Happy New Year 2016

 

Semoga di tahun 2016 ini saya dan anda sekalian yang membaca tulisan saya ini dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selalu diberi kesehatan. Selalu diberi kesejahteraan. Selalu diberi rejeki yang melimpah. Dan senantiasa selalu dalam lindungan-Nya. Tak lupa semoga semua yang saya dan anda cita-citakan tercapai dalan tahun 2016 ini. Aamiin.

 

 

Tags:

Rate this article!

Happy New Year 2016,4.67 / 5 ( 3votes )
  • SHARE!

Author: 

Mulai mendirikan blog ini dari November 2013. Saat ini sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan Programming dan Internet Marketing.

author

Related Posts