Artikel, Teknologi, Tips dan Trik
May15

Windows 32-bit Atau 64-bit ?

Pada saat kita mengistall computer atau laptop untuk pertama kali kita selalu dihadapkan pada dua pilihan antara Windows 32-bit atau Windows 64-bit. Sementara kita belum tahu apa itu windows 32-bit atau windows 64-bit, kita tidak tau apa perbedaannya dan juga kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Manakah yang harus kita pilih agar performa computer atau laptop kita bagus?

Berikut ini akan kita bahas bersama mengenai windows 32-bit dan windows 64-bit, apa perbedaannya? Apa kelebihan dan kekirangan masing-masing? Berikut ini Windows 32-bit Atau 64-bit ?

♦ Bedanya Windows 32-bit dan Windows 64-bit

Perbedaan mendasar antara windows 32-bit dan wondows 64-bit adalah kemampuan prosesor computer untuk menerima atau menanggapi informasi yang diterima. Windows versi 64-bit dalam penggunaan RAM (Random Access Memory) lebih besar daripada windows versi 32-bit.

♦ Cara mengetahui computer kita menggunakan versi yang mana

Cara untuk mengetahui computer kita menjalankan windows versi 32-bit atau 64-bit, jika computer kita menggunakan Windows 7 atau Windows Vista, berikut cara mengetahuinya:

Buka Start Menu  pilih computer dengan meng-klik kanan lalu pilih properties.

Screenshot_2Screenshot_1

 Dibawah system, kita bisa melihat system type nya, pada gambar diatas system type nya adalah 32-bit.

Dan jika computer kita memakai Windows XP, caranya adalah:

Klik Start > Klik kanan My Computer lalu klik pada Properties > Jika kita tidak melihat “x64 Edition.” terdaftar, jadi kita memakai versi 32-bit dari Windows XP. Jika “x64 Edition” terdaftar di bawah System, kita menggunakan versi 64-bit dari Windows XP.

♦ Kita harus gunakan yang mana?

Jika besarnya RAM yang dimiliki computer kita sebesar hanya 1 GB sampai 2 GB, lebih baik kita gunakan yang versi 32-bit. Akan tetapi jika besarnya RAM yang dimiliki computer kita sebesar 4 GB samapi 8GB tidak ada salahnya bagi kita menggunakan versi 64-bit. Karena versi 64-bit lebih responsive ketika kita menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multi tasking).

♦ Cara mengetahui apakah computer kita bisa menggunakan versi 64-bit?

Kita buka “Performance Information and Tools” pada “Control Panel” atau buka Start Menu lalu pada kotak pencarian ketikkan “Performance, Information and Tools”. Di situ ada skor atau nilai dari computer Kita, jika belum ada skornya kita lakukan test untuk mengetahui skor komputer Kita.

Screenshot_3

♦ Apakah aplikasi yang dibangun untuk Windows versi 32-bit bisa digunakan untuk Windows versi 64-bit dan sebaliknya?

Kebanyakan program aplikasi yang dirancang untuk Windows versi 32-bit akan bekerja untuk Windows versi 64-bit, dan sebaliknya. Maka dari itu jika kita mencari aplikasi, kita akan dipilihkan dengan bit nya, kecuali jika aplikasi tersebut tidak ada pilihan bit nya berarti support pada semua versi.

Jika untuk installasi driver untuk computer atau laptop kita harus sesuaikan dengan bit-nya, kita tidak bisa menginstall driver 64-bit jika kita menggunakan versi 32-bit.

Untuk meningkatkan performa computer kita, kita harus sesuaikan kemampuan computer atau laptop kita dengan versi windows yang cocok agar tidak mengganggu kinerja Prosesor nya. Itu tadi windows 32-bit dan windows 64-bit. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 😀

Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Author: 

Mulai mendirikan blog ini dari November 2013. Saat ini sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan Programming dan Internet Marketing.

author

Related Posts